Minggu, 22 Februari 2009

BATIK BAKARAN PATI


hisyam said in Batik Bakaran Pati...
Iam from Pati .So .....we can make this potensi for growing Pati GO TO International
ya kan?
Membudayakan Batik Bakaran sebagai Identitas Pati
more people said....in kompas

Batik bakaran yang merupakan komoditas kerajinan khas Pati diharapkan mampu menjadi ikon Pati dan menjadi bidang usaha yang menjanjikan. Batik bakaran adalah warisan sejarah dan budaya Pati yang tidak banyak ditemukan di daerah lain. Zaman dulu, batik bakaran menjadi simbol priayi yang banyak diburu sebagai lambang kekayaan.

Jenis dan corak batik tradisional sangat banyak. Corak dan variasi batik sesuai dengan filosofi dan budaya setiap daerah. Ada sekitar 30 motif batik bakaran yang perlu diselamatkan dari kepunahan. Dari segi warna, motif batik tulis bakaran berciri khas, yaitu dominan hitam dan coklat.

Kondisi batik bakaran kini memprihatinkan. Kondisi itu kian parah seiring dengan penurunan jumlah perajin. Jumlah perajin pada era 1990 sebanyak 400-an orang, kini tinggal 70-an orang. Itu pun hanya sebagai pekerjaan sambilan. Jadi, perlu ada regenerasi secara konsisten.

Penerimaan batik di masyarakat belum semasif mode pakaian lain. Hal itu menyebabkan pengembangan batik lambat. Untuk menjadikan kain batik sebagai jati diri perlu inovasi terus-menerus terhadap mode batik. Tidak ada salahnya merancang batik agar terlihat keren dan gaul. Busana yang luwes dan mudah dipadupa-dankan dengan busana masa kini, seperti jins.

Ada beberapa langkah melestarikan batik bakaran. Pertama, mencanangkan penggunaan seragam batik bakaran bagi para PNS sekali sepekan. Kedua, Dinas Perdagangan dan Perindustrian membekali para perajin dengan berbagai ilmu perbatikan.

Ketiga, Pemkab Pati mulai membina intensif dan membantu dengan jaringan sistem pemasaran modern. Keempat, pemkab dapat memfasilitasi dan mengupayakan untuk mengajukan hak paten atas puluhan motif batik bakaran. Jangan sampai hak paten itu diambil alih negeri lain.

Motif bakaran dapat pula diterapkan ke atas keramik dan produk kerajinan kuningan khas Pati untuk menguatkan batik tersebut sebagai identitas Pati. Sukawi Pengajar Arsitektur, Sekretaris Prodi D3 Desain Arsitektur Undip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Wich Make ME feell Better

try from zero to grow up